28 March 2016

Kenali Cara Membuat Pentol Bakso Daging Sapi Nikmat

Salah satu makanan nusantara yang khas adalah pentol dengan rasa yang gurih, kenyal. Pentol yang nikmat itu tersebut dari daging sapi dan bisa dijadikan makanan pokok menggantikan nasi.

Pentol daging sapi ini bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan cara membuat pentol bakso daging sapi yang sudah banyak informasinya. Caranya sangat mudah dan bahan yang digunakan juga sangat terjangkau dan mudah ditemukan.

cara membuat pentol cilok.jpg

Resep yang akan memberikan citra rasa pentol bakso yang khas dan nikmat.


Berikut ini cara membuat pentol bakso daging sapi nikmat yaitu:
Bahan-bahan yang harus untuk dipersiapkan adalah sebagai berikut:
1. Daging sapi setengah kilo
2. Tepung kanji 50 gram
3. Lada bubuk setengah sendok
4. Bawang putih goreng 1 sendok
5. Bawang merah goreng 2 sendok
6. Es batu yang sudah dihancurkan 40 gram
7. Garam secukupnya
8. Air 2000 ml

cara membuat pentol bakso solo.jpg

Adapun cara untuk membuat pentol bakso daging sapinya adalah sebagai berikut:
1. Masukkan daging sapi, tapung kanji, bawang putih, bawang merah, garam pada suatu wadah. Ulet dnegan menggunakan tangan supaya semua bahan tercampur rata. Bisa juga menggunakan alat untuk menguletnya. Setelah itu, giling daging dan bahannya sampai halus merata.
2. Tambahkan es batu apabila adonan sulit untuk dibentuk atau lembek.
3. Rebus air ke dalam panci dengan api sedang sampai air tersebut mendidih.
4. Adoanan yang sudah selesai, bisa diambil untuk digenggam dan dibuat bulat-bulat pentol bakso. Supaya adonan mudah untuk keluar di ibu dan jari telunjuk. Bisa mengambil adonan dengan sendok. Masukan pada air panas yang sudah disiapkan. Lakukan berulang kali proses ini sampai adonan habis.
5. Jika sudah semua adonan habis, lanjutkan proses memanaskan bakso pentol dengan menggunakan api besar sampai semua bakso pentol mengapung. Jika sudah, segera untuk diangkat dan tiriskan.

cara membuat bakso daging sapi asli.jpg

Itulah cara membuat pentol bakso daging sapi yang bisa dipraktekkan di rumah sangat mudah dan simple. Apabila ingin menambahkan bakso pentol ini dengan kuah atau tambahan lain, bisa mencari informasi untuk pembuatannya.

Bakso pentol ini memang nyaman dan nikmat disajikan apabila berkuah atau dikonsumsi langsung menggunakan sambal. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan Apa Komentar Positifmu Tentang Resep Di Atas Dong..
EmoticonEmoticon