24 October 2016

Resep Membuat Sayur Asem Jawa Timur Yang Enak Dan Sederhana

Sayur asem merupakan salah satu sayur khas Indonesia, namanya sudah dikenal hampir diseluruh nusantara. Setiap daerah memiliki rasa khas tersendiri, begitupun dalam sayur asam ini. Hal ini menyebabkan banyaknya variasi sayur asem di Nusantara. Contohnya sayur asam Betawi, sayur asem Sunda, sayur asem Jawa Timur. 


resep sayur asem enak sederhana
mantaap

Diantara sayur asam lainnya, sayur asam Betawi memang lebih mendominasi nama yaa teman, akan tetapi hal tersebut bukan berarti bahwa sayur asam lainnya kalah dalam hal rasa, termasuk sayur asam Jawa Timur ini.

Pada dasarnya bahan dan bumbu yang digunakan dalam membuat sayur asam jawa timur ini hampir sama dengan sayur asam lainnya yang membedakan hanya beberapa hal saja. Nah disini kita akan membagikan resep sayur asam jawa timur enak sederhana. Penasaran seperti apa cara memasaknya ? Langsung saja simak resepnya dibawah ini..

Resep Membuat Sayur Asam Jawa Timur Enak Dan Sederhana 

resep membuat sayur asem nikmat
lezaat

Bahan Utama Sayur Asem Jawa Timur


  • 50 gram kecambah kedelai atau tauge besar
  • 2 buah labu siam
  • 15 lonjor kacang panjang
  • 1 ikat kangkung
  • 1 liter air

Bumbu Sayur Asem Jawa Timur


  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm lengkuas
  • 3 buah belimbing wuluh
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya


Cara Menyiapkan Bahan dan Bumbu Sayur Asem Jawa Timur


  1. Pertama, cuci bersih tauge yang telah anda siapkan.
  2. Potong kacang panjang dengan ukuran sekitar 4-5 cm.
  3. Potong labu siam berbentuk dadu, sedangkan untuk ukuran disesuakan dengan selera masing-masing.
  4. Potong juga kangkung sesuai dengan selera.
  5. Iris tipis bawang merah dan haluskan bawang putih. Lalu, geprek lengkuas.

Cara Membuat Sayur Asam Jawa Timur

resep sayur asem jawa timur
enaak


  1. Setelah menyiapkan bahan dan bumbu, sekarang anda melangkah pada proses memasak. Dimana langkah pertama yaitu, rebus terlebih dahulu air yang telah disiapkan sampai mendidih.
  2. Setelah itu, masukan bawang merah yang telah diiris dan bawang putih yang telah dihaluskan, aduk sampai merata. Dan setelah itu masukan juga lengkuas serta belimbing wuluh. Masak sampai air mendidih kembali.
  3. Selanjutnya, masukan kacang panjang yang telah dipotong, kecambah serta labu siam. Masak bahan-bahan tersebut sampai setengah matang.
  4. Langkah yang terakhir yaitu, masukan kangkung, gula dan garam secukupnya. Aduk merata dan masak kembali beberapa saat sampai kangkung sedikit layu dan bumbu meresap. Jika sudah angkat dan sajikan.



Diatas merupakan resep membuat Sayur Asam Jawa Timur Enak dan Sederhana. Sayur asam ini enak disajikan selagi hangat bersama nasi hangat dan tambahan sambal atau ikan asin ya guys. Untuk resep lainnya silahkan coba Resep Membuat Puding Coklat Susu Kental Manis. atau mau resep yang lebih lengkap ? silahkan cek disini Resepsidia. Oke selamat mencoba..

Artikel Terkait

Bagikan Apa Komentar Positifmu Tentang Resep Di Atas Dong..
EmoticonEmoticon