10 April 2016

Mantap? Berikut Cara Membuat Donat Kentang Tanpa Ragi

Bagi anda yang hendak ingin membuat donat kentang yang nikmat, anda pasti sudah tahu bahwa menggunakan ragi semakin membuat adonan donat semakin nikmat.

Namun anda perlu tahu bahwa kini membuat donat kentang tidak perlu menggunakan ragi. Cara membuat donat kentang tanpa ragi akan di bahaskan dalam artikel ini. Selain donat kentang tetap nikmat, teksturnya pun tetap empuk dan tetap lembut.

cara membuat donat kentang tanpa telur.jpg

Apabila anda hendak membuat donat, anda wajib menggunakan ragi agar adonan mengembang dan juga memiliki tekstur yang empuk, terutama bagi donat yang digoreng.

Akan tetapi, untuk donat kentang, anda tidak perlu menggunakan ragi sebab akan digantikan dengan paduan kentang dan baking powder.

bahan dan cara membuat donat kentang.jpg

Berikut cara membuat donat kentang tanpa ragi.


Bahan-bahan :
1. Kentang 200 gram, dikukus, kemudian dihaluskan.
2. Baking powder 2 sdm
3. Susu segar 200 ml
4. Telur 2 butir
5. Margarin 2 sdm
6. Garam ¼ sdt
7. Minyak sayur 250 gr
8. Tepung terigu tinggi protein 300 gr
9. Gula pasir 150 gr
10. Gula halus 100 gr untuk taburan kentang
11. Tepung terigu protein sedang
12. Campuran lain sesuai selera

cara membuat donat kentang lembut.jpg

Cara membuat :
1. Siapkan wadah untuk adonan

2. Campurkan tepung terigu protein sedang, tepung terigu protein tinggi, baking powder, gula pasir, dan garam. Kemudian aduk rata semua bahan tadi.

3. Setelah semua bahan bercampur rata, tambahkan kentang kemudian aduk adonan dengan tangan hingga semua tercampur. Apabila anda mengaduk dengan tangan, maka adonan akan lebih mudah bercampur.

4. Setelah itu campur telur dan susu segar, dan aduk sampai halus. Masukan margarin kedalam adonan dan aduk sampai adonan terlihat elastis. Kemudian diamkan hingga adonan mengembang.

5. Keempat, setelah adonan mengembang, bentuk adonan menjadi potongan kecil seperti donat yang anda inginkan.

cara membuat donat kentang keju.jpg

Bentuk lubang ditengahnya, lalu letakan pada wadah yang sudah ditabur tepung terigu. Diamkan kembali adonan selama 30 menit agar mengembang.

6. Siapkan penggorengan, tuang minyak goreng lalu panaskan. Setelah panas, goreng adonan doonat kentang dengan api ukuran sedang, dan jangan lupa balik begitu sudah matang agar warna donat merata.

Setelah matang dengan warna donat keemasan, diamkan donat hingga suhu pada donat berubah agak dingin.

7. Setelah donat matang, taburi dengan gula halus atau sesuai dengan selera anda. demikian cara membuat donat kentang tanpa ragi yang pastinya tetap nikmat dan enak.

Artikel Terkait

Bagikan Apa Komentar Positifmu Tentang Resep Di Atas Dong..
EmoticonEmoticon