21 October 2016

Resep Membuat Tahu Bulat Yang Enak dan Lembut

Tahu adalah bahan makanan yang terbuat dari endapan perasan biji kedelai yang mengalami koagulasi. Tahu berasal dari cina. Di Jepang tahu yang biasa dikonsumsi adalah jenis tahu sutra. Tahu sutra memiliki tekstur lebih lunak dan kurang tahan oleh pengolahan selanjutnya, sehingga biasanya tahu ini dikonsumsi dalam keadaan mentah. 


resep membuat tahu bulat khas tasikmalaya
mantaap

Di Indonesia sendiri tahu saat ini menjadi berbagai varian makanan atau olahan yang berbahan dasar tahu. Karena kepopulerannya tahu hampir dapat ditemukan disetiap tempat makan dari berbagai kalangan bersama-sama tempe. Beberapa makanan yang melibatkan tahu dalam proses pembuatannya antara lain tahu bakso, tahu bacem, kembang tahu, krupuk tahu, tahu isi, tahu crispi, tahu goreng biasanya dihidangkan sebagai pelengkap makanan yang berkuah atau siomay. Beberapa tahu juga dibuat dimsum.

Tapi kini ada varian makanan baru yang berasal dar tahu, yaitu tahu bulat. Tahu bulat ini hampir sama dengan tahu sumedang, yang membedakan hanya bentuknya saja. Untuk masalah rasa tahu bulat ini tidak kalah dengan yang lainnya yaa. Untuk kalian pecinta tahu, wajib banget yaa bikin olahan tahu yang satu ini. Caranya juga mudah, penasaran seperti apa cara membuatnya ? Langsung saja simak resepnya dibawah ini.. 


Resep Membuat Tahu Bulat Yang Enak dan Lembut

resep membuat tahu bulat yang enak dan renyah
enaak

Bahan utama

  • 10 buah tahu putih
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
  • Cabe rawit secukupnya
  • 2 butir kuning telur


Bumbu 

  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt baking powder


Cara Membuat Tahu bulat

resep membuat tahu bulah yang gurih dan lembut
lezaat

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan haluskan tahu menggunkan ulekan hingga sehalus mungkin, lalu peras tahu menggunakan kain hingga kandungan air dalam tahu menjadi seminimal mungkin.
  2. Selanjutnya masukan kuning telur dan bumbu, kemudian remas remas untuk melembutkan adonan tahu dan aduk hingga merata, kemudian rasakan hingga rasanya pas
  3. Setelah rasanya pas bentuk adonan bulat-bulat menggunakan telapak tangan hingga permukaanya licin. Jika adonana sudah habis masukan kedalam wadah yang tertutup. Masukan kulkas selama 3-4 jam, jangan masuk freezer yaa
  4. Setelah 3 hingga 4 jam keluarkan adonan dari kulkas, diamkan sejenak sembari kita memanaskan minyak. Jika minyak sudah panas goreng tahu dengan api kecil dan aduk-aduk terus hingga mengembang. Angkat dan tiriskan
  5. Tahu bulat gurih dan tenyah siap dihidangkan bersama cabe rawit



Demikian resep membuat tahu bulat, bagaimana cara membuatnya mudah bukan ? Ayoo langsung praktekan dirumah, lumayan yaa untuk cemilan bersama keluarga. Untuk bahan yang digunakan itu tidak mutlak yaa, kalian bisa kreasikan sesuka selera. Untuk resep lainnya kalian bisa coba Opor Telur Puyuh Ceker Spesial. Atau kalian ingin info resep masakan yang lebih lengkap ? Bisa banget yaa, kalian bisa cek disini Resepsidia. Oke selamat mencoba dan berkreasi.. 


Artikel Terkait

Bagikan Apa Komentar Positifmu Tentang Resep Di Atas Dong..
EmoticonEmoticon