26 October 2016

Resep Sate Daging Sapi Bumbu Kacang yang Empuk dan Enak

Sate atau biasa ditulis satai atau satay adalah hidangan yang berupa potongan daging baik daging sapi, kambing, ayam, ikan, dan lain-lain kemudian ditusuk menggunakan tusukan yang biasanya terbuat dari bambu, lalu dibakar menggunakan bara arang kayu. Sate kemudian disajikan dengan berbagai bumbu, sesuai dengan resep.


resep sate daging sapi bumbu kacang enak
mantaaaap

Sate ini berasal dari Jawa, tetapi meskipun begitu sat ini hampir disetiap tempat dapat ditemukan sate. Sate ini biasanya disajikan dengan beberapa saus seperti sambal kecap, sambal kacang, atau yang lainnya. Sate biasanya dihidangkan dengan nasi hangat, atau lontong, bahkan di beberapa tempat memakan sate bersama ketupat.

Di Indonesia sendiri sate memiliki banyak varain ya guys contohnya seperti sate padang, sate madura, sate lilit, dan masih banyak lagi jenis sate. Akan tetapi disini kita akan menjelaskan resep bagaimana membuat sate daging sapi bumbu kacang yang empuk. Untuk Kalian pecinta makanan yang satu ini bisa banget bikin sendiri dirumah ya guys. Caranya cukup mudah kok. Langsung aja yaa simak resepnya dibawah ini..

Resep Sate Daging Sapi Bumbu Kacang yang Empuk dan Enak


resep sate daging sapi empuk
lezaaat

Bahan Utama 


  • 500 gram daging sapi has dalam
  • 50 gram lengkuas parut
  • 200 ml kecap manis
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 100 gram selai kacang krimi
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 19 buah tusuk sate


Bumbu yang Dihaluskan 


  • 8 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh jintan
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk
  • 60 gram gula merah sisir halus


Cara Membuat 

resep sate daging sapi empuk dan enak bumbu kacang
sedaaap


  1. Cara pertama yang bisa anda lakukan pada resep kali ini adalah dengan memotong-motong dadu daging sapi yang sudah disiapkan dengan ukuran kecil. Jangan memotong daging dengan ukuran terlalu tebal atau anda akan berakhir dengan sate daging yang sulit matang secara merata.
  2. Setelah selesai dipotong-potong, silahkan cuci bersih daging dengan menggunakan air mengalir dan pastikan jika kotoran dan kuman yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan keseluruhan dan kuman yang ada didalamnya dibersihkan dengan baik.
  3. Selesai mencuci, tempatkan daging pada wadah berukuran sedang dan sisihkan, sementara kita akan membuat bumbu halus untuk melumurinya.
  4. Selanjutnya haluskan bumbu yang harus dihaluskan baik menggunakan mesin penghalus maupun dengan mengunakan ulekan dan cobek. Silahkan haluskan bumbu hingga benar-benar halus merata.
  5. Setelah selesai, lumuri daging yang tadi disisihkan dengan menggunakan bumbu halus ini hingga semua bagian daging terlumuri dengan bumbu halus secara merata.
  6. Selesai melumuri dgaing, silahkan diamkan terlebih dahulu daging selama kurang lebih 2 jam dalam lemari es hingga bumbu yang dihaluskan bisa meresap kedalam daging dengan merata dan daging tetap segar.
  7. Setelah dua jam lamanya, baru keluarkan daging dari lemari es, tusuk-tusuk daging dengan menggunakan tusukan sate. Bagi dading sebanyak 3-4 tusuk dalam satu tusukan sate.
  8. Siapkan bumbu selai kacang dengan campuran bawang putih yang dihaluskan dengan cabai rawit.
  9. Bakar sate dengan bara api hingga matang dan sajikan sate bakar ini dengan bumbu kacang yang lezat.

Demikian resep membuat sate daging sapi bumbu kacang yang empuk dan enak. Bisa banget langsung dipraktekin dirumah yaa guys. Untuk resep lainnya silahkan coba  Resep Sayur Asam Ala Sunda yang Enak dan Segeer. Atau Resep lainnya yang lebih lengkap silahkan cek disini Resepsidia. Oke selamat mencoba..

Artikel Terkait

Bagikan Apa Komentar Positifmu Tentang Resep Di Atas Dong..
EmoticonEmoticon