02 February 2017

Resep Donat Pandan Kukus Empuk Enak


Resep Donat Pandan Kukus - Hai selamat pagi semua . . Berjumpa lagi dengan ResepSidia, kali ini ResepSidia ingin berbagi informasi seputar resep donat pandan kukus. 

Baca juga resep sebelumnya yang telah ResepSidia bagikan : Resep Sup Telur Puyuh Kesukaan Si Kecil

Yap’s DONAT ! Cemilan yang berbentuk bulat dengan lubang ditengahnya itu selalu membangkitkan selera ketika mencicipinya. Sekarang donat tidak sekedar berwarna kuning ke’emasan namun ada juga yang berwarna hijau, ungu dan sebagainya, tergantung dari bahan yang digunakan untuk membuatnya. Nah untuk kali ini kan yang akan dibahas resep donat pandan kukus pastinya akan berwarna hijau cantik dong, namun soal rasa donat ini tidak kalah lezatnya dengan donat yang lainnya.

Oke langsung saja kita simak Resep Donat Pandan Kukus dibawah ini : 

resep donat pandan kukus.jpg
ENAAAAAAKKKKKKK !!

⏩ Bahan-Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Donat Pandan Kukus : 

kreasi donat kukus.jpg
  • 150 gram tepung terigu protein rendah
  • 200 gram putih telur
  • 2 butir telur
  • 1 sendok makan santan kental instan
  • ¼  sendok teh garam
  • 120 gram gula pasir
  • ½  sendok makan emulsifier (sp/tbm)
  • ¼  sendok teh esens pandan
  • ¼  sendok teh baking powder
  • 60 gram margarin
  • 4 tetes pewarna hijau muda

⏩ Bahan-Bahan Yang Digunakan Untuk Glasur  :

  • 30 gram putih telur
  • 1 tetes pewarna hijau muda
  • 150 gram gula tepung
  • ¼  sendok teh garam 
  • messes warna-warni secukupnya 
  • keju parut secukupnya 

➧ Langkah-Langkah Menyiapkan Adonan Donat Pandan Kukus : 


resep donat pandan kentang.jpg
  1. Persiapkan beberapa barang yang akan anda butuhkan untuk membuat adonan. Seperti baskom, loyang, kukusan, wadah, kocokan dan sebuah piring saji. Dengan mempersiapkan peralatan ini maka nantinya anda akan dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih sederhana. Nah mengingat cukup pentingnya peranan dari peralatan ini, maka tidak sebaiknya langkah ini anda lewati begitu saja.
  2. Bila sudah selesai dengan peralatan silahkan lanjutkan dengan mempersiapkan bahan-bahan yang ada pada resep.
  3. Sementara itu, untuk bahan magarin ini harus dilelehkan terlebih dahulu. Cara melelehkannya bisa dilakukan denga memasukkan margarin kedalam wajan dan tempatkan dalam api yang sedang untuk kemudian diamkan sampai margarin meleleh. Setelah selesai, angkat sajian ini dan biarkan menjadi lebih dingin secara merata pada suhu ruangan.
  4. Selanjutnya siapkan loyang dan olesi dengan menggunakan minyak sayur secara merata. Hal ini difungsikan agar nantinya loyang tidak lengket pada saat adonan donat dimasukkan kedalamnya. Jika sudah ditaburi dengan merata maka silahkan sisihkan sementara.
  5. Yang terakhir dalam langkah mempersiapkan adonan dan peralatan adalah dengan menyiapkan kukusan diatas kompor dan tunggu sampai menjadi lebih panas merata.

➧ Langkah-Langkah Membuat Adonan Donat Pandan Kukus : 

resep donat pandan keju.jpg
  1. Untuk membuat adonan silhakan lakukan dengan mengocok putih telur, telur, emulsifier, gula dan garam dalam wadah yang sama. Lalu dengan menggunakan mixer silahkan aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur merata dan mengembang.
  2. Kemudian tambahkan dengan santan dan kocok kembali dengan kecepatan yang rendah pada mixer.
  3. Selanjutnya silahkan tambahkan dengan tepung teriu bersama dengan baking powder yang telah diayak. Dan kembali aduk-aduk dengan menggunakan mixer secara merata.
  4. Masukkan margain bersama dengan esens pandan pewarna hijau sedikit demi sedikit sampai bahan ini tercampur secara merata.
  5. Lalu, masukan kedalam tulban loyang yang telah diolesi dengan miyak. Tuang dengan perlahan dan merata. Lalu kukus dalam panci selama kurang lebih 15 menit sampai matang merata.
  6. Untuk membuat toping bisa dilakukan dengan mengocok putih telur dan garam dalam wadah sampai bahan ini mengembang secara merata.
  7. Masukkan gula tepung kedlamnya dan kocok bahan ini sampai mengental. Ambil ¼  adonan dan berikan dengan perwarna hijau lalu aduk merata.
  8. Celupkan donat kedalam glasur putih dan hiasi dengan parutan keju atau messer warna-warni sesuai selera anda. Dan donat pandan kukus siap dihidangkan.  
Nah itu dia resep donat pandan kukus, bagaimana ?? cukup simpel dan mudah bukan ?? Bahan-bahan untuk membuat donat pandan kukusdapat ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Jangan lupa bagikan resep ini ke semua orang yaaa .. karena berbagi itu indah ^_^ 

Artikel Terkait

Bagikan Apa Komentar Positifmu Tentang Resep Di Atas Dong..
EmoticonEmoticon